Sabtu, 20 April 2013

Optimalisasi Memori Pada Mozilla Firefox



Banyaknya pilihan browser yang bisa dipakai untuk browsing internet tentunya membingungkan kita. Secara umum yang dipakai adalah Browser Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Opera. Tentu kita akan memilih mana yang lebih responsive, cepat dan stabil. Borwser mana pilihan anda?

Saya sendiri biasa menggunakan Browser Mozilla Firefox untuk browsing internet. Sampai Sekarang yang terbaru sudah mencapai versi 20.0.1 dengan menggunakan OS Windows 8 Enterprise.  Jika menggunakan OS Windows XP, versi Mozilla Firefox hanya mendukung sampai Versi 12.
Silahkan Download Disini untuk mendownload versi terbaru dari Mozilla Firefox.
Ini tampilan About Mozilla Firefox 20.0.1:
Firefox 20
About Firefox 20.0.1

Keunggulan dari Mozilla Firefox dengan browser lainnya adalah Open Source dan dapat didownload gratis tanpa membayar. Selain itu, browser ini cukup responsif dan stabil. Tetapi ada kekurangannya, yaitu penggunaan memori yang sangat besar. Setiap ada versi terbaru justru penggunaan memori yang dibutuhkan meningkat, apalagi jika dalam menjalankan browser ini dengan banyak tab maka akan semakin menguras memori pada komputer. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer, apalagi dengan RAM atau Memori yang kapasitasnya terbatas.

Lihat Screenshoot dari penggunaan Mozilla Firefox di bawah ini, dilihat dari Task Manager dari Komputer saya:
Info taksmanager untuk firefox
Ada sedikit cara untuk mengatasi hal tersebut, yang bisa menurunkan penggunaan memori Mozilla Firefox turun sekitar 90%. Tidak Percaya? Saya sudah membuktikannya sendiri dan memang cukup ampuh. Inilah caranya download tool Firemin Disini  Atau  Disini.

 Buka file Firemin dan Open/Ekstrak file tersebut.

Ekstrak Firemin

Buka Folder Hasil Ekstrak File Firemin.

Hasil Ekstrak Firemin


Klik 2x atau Open File Firemin.exe
Setelah Dijalankan akan tampil di Notification Area Icon Pada Taksbar.

Icon Notifikasi Firemin

Dan lihatlah hasilnya setelah memakai tool Firemin. Penggunaan memorinya pada firefox berkurang.

Hasil Penggunaan Firemin di Taksmanager

Semoga cara ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang mengguna mozilla firefox dengan memori yang terbatas. Sehingga tidak boros dalam menggunakan memori komputer.


Catatan:
Jika komputer anda dimatikan, maka saat komputer anda dihidupkan kembali tool Firemin akan tidak aktif, sehingga jika akan browsing dengan mozilla firefox lagi harus dijalankan kembali tool Firemin-nya.

2 komentar: